Resep Cara Membuat Choco Lemon Mousse


Resep Cara Membuat  Choco Lemon Mousse - Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Choco Lemon Mousse:

Bahan untuk puding cokelat:
3 sendok makan tepung maizena
1 sendok makan cokelat bubuk
2 sendok makan gula pasir
250 ml susu cair dingin
1 kuning telur, kocok
30 gram cokelat masak pekat (dark cooking chocolate), cincang kasar
1 sendok teh ekstrak vanila atau ¼ sendok teh vanili bubuk
1/8 sendok teh garam

Bahan untuk lemon mousse:
75 gram gula kastor
2 butir telur
250 ml krim kental (thick cream), dinginkan
1 buah jeruk lemon, parut kulitnya , peras airnya
1/8 sendok teh pewarna makanan kuning

Choco Lemon Mousse

Cara membuat Choco Lemon Mousse


  1. Puding cokelat: Campur tepung maizena, cokelat bubuk dan gula pasir dalam panci, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga gula larut. Jerang panci di atas api sedang.
  2. Aduk hingga adonan mengental dan mendidih, kecilkan api. Masukkan 1 sendok sayur (50ml) adonan ke dalam kuning telur kocok, aduk. Tuang kuning telur ke dalam panci susu, didihkan, angkat. Masukkan cokelat cincang, ekstrak vanila/vanili bubuk dan garam, aduk hingga cokelat meleleh.
  3. Siapkan 6-8 buah gelas/jar, volume @150ml. Bagi rata adonan cokelat ke dalam gelas/jar, sisihkan hingga agak mengeras.
  4. Lemon mousse: taruh gula dan telur dalam mangkuk tahan panas, taruh di atas panci berisi air panas (dasar mangkuk jangan kena air). Kocok sambil ditim (bain marie) hingga gula larut dan telur mengental/mengilat, angkat.
  5. Kocok krim hingga mengental. Masukkan kulit jeruk, air jeruk lemon dan pewarna kuning, kocok rata. Masukkan adonan telur ke dalamnya sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah, hingga lembut tapi tidak sampai kaku.
  6. Tuang lemon mousse di atas puding cokelat hingga ¾ tinggi gelas, beri tutup. Masukkan ke dalam lemari es hingga saat disajikan. Hiasi dengan irisan jeruk lemon dan daun mint.

Tips Tambahan Choco Lemon Mousse:
Kocok krim dan kuning telur menggunakan mikser berkecepatan rendah hingga mengental saja. Mengocok dengan kecepatan terlalu tinggi dan terlalu lama akan menghasilkan mousse yang tidak lembut dan tidak halus.
Demikian resep cara membuat Choco Lemon Mousse, selamat mencoba.

Artikel Terkait